I’m craZzzzy of DOCMART !!

Pas lagi ada duit, stok gag ada.

Pas lagi gag ada duit, stok ukuranku ada. Tuh kan jadi galau siang-siang gene gara-gara Docmart!

Ngiler banget beli sepatu Docmart yang merah marun. Dari dulu nyampe sekarang belon kesampean beli. Udah googling sana sini nyari yang ukurannya pas ma kaki gue pasti sering gag ada. Entah kosong atau keburu sold out duluan. Somebody pleaseeeee help me to find my soulmate. T_T

Awwww….you r rock!

Gue janji suatu saat gue pasti dapetin elu beibeh!! wait me nak, ambo masih mencarimu ! 😀

Inline Skate gag sama dengan Skateboard euy!

Mungkin begitulah yang ada dalam benak gue tiap x ad yang asal nyeplos tanpa nanya dulu olah raga apa yang gue tekuni. Pasti gara-gara ada kata skate-nya jadinya orang mengansumsikan dengan skateboard. Padahal beda pake bangeeeet

Inline itu sendiri kalo dirunut dari asal katanya syh In= dalam, Line=garis, jadi dalam satu garis. Orang awam mungkin lebih sering menyebutnya sepatu roda. Tapi sepatu roda itu sendiri kan posisi rodanya juga macem2. Nah Inline ini jenis sepatu roda yang posisi rodanya urut dalam satu garis.

Emang syh mungkin olah raga ini belum begitu popular kayak sepak bola atau basket. Tapi justru karna itu gue suka. Gag terlalu banyak orang yang main! Hehehe…Tapi sebenere syh kalo dikalkulasi seluruh Indonesia ya udah banyak jumlah inline skater yang ada.

Rada telat rasanya kalo harus gue critain bagaimana awal mula bisa terjun ke olahraga ini. Tapi sedikit gambaran aja nyh. Kurang lebih setahun yang lalu gue mulai tertarik menekuni ini lantaran ngeliat permainan segerombolan orang-orang dalam komunitas yang namanya Inline Skate Semarang. Awalnya Cuma jadi penonton, trus nyobain, trus diracunin deh pikiran gue dipanas2in beli sepatu, daaan…bisa ditebak dh, gag nyampe sebulan akhirnya gue beli inline pertama gue! Gue syh beli yang murah, yang harganya 600ribuan. Yah..begitulah awal mula gue bias ada di situ. Dan sampai saat ini gue masih bertahan menekuni permainan ini walaupun frekuensi gue latihan sekarang udah rada jarang lantaran gy ngelarin skripsi! Uuuuuhhh

Sekalipun gue jarang latihan lagi sekarang bukan berarti gue gag memantau perkembangan klub gue. Alhamdulillah ada perkembangan yang berarti walaupun masih agak kesandung di sana-sini. Dulu yang awalnya 8 orang, sekarang uda lebih dari 50 orang. Dulu yang isinya Cuma anak kuliahan doank, sekarang dari anak kecil umur 3 tahun mpe om-om tante-tante juga ada. Ajiiib deh!

Yang lebih sangar lagi ni, dulu yang belinya masih sepatu di bawah satu juta, sekarang belinya udah yang mahal-mahal mulai dari 2 jutaan mpe 5 jutaan. Tau deh tar kalo ada yang mau beli KSJ yang harganya nyaris bias dapet motor 1. Ckckck

Selain itu ISS juga udah berhasil merebut beberapa gelar juara di event lokal. Paling gag itu bisa jadi pijakan buat lebih maju ke depannya tar. Amin

Harapan gue syh ke depannya ISS makin mapan, karna sekarang gaji pengurus n pelatih juga agak semrawut. Alhasil secara tidak langsung ngefek juga lah di kepengurusan dan kepelatihan. Hmm…emang dimana-mana duit bias jadi pendorong atau penghambat dari suatu hal. Terlepas dari semua pahit manis asem asin kehidupan ISS, gue sayaaaaang sama ‘keluarga’ kecilku ini. 😀

#KibulanSehat Naturopati

Halo selamat malam , kali ini gue bakal membahas tentang kesehatan ya. Absolutely ni ilmu bukan dari gue pribadi. Tapi gue dapet ini dari salah satu pelaku food combining. Udah tau kan ya food combining? Sebelumnya sudah gue bahas di postingan gue dulu. Bagi yang belum tau silahkan dicari aja yaa 😀

Terkait masalah seputar dunia pengobatan, kembali gue ajukan opsi di luar pengobatan konvensional yang dikenal #kibulansehat…hehe (nb: ni cuma sebutan aja yang gue ciptain )

  • Kali ini konsep yang dibahas adalah Naturopathi #kibulansehat
  • Naturopathi adala sistem penyembuhan yang mengandalkan perawatan kesehatan dalamcegah penyakit. Kemampuan tubuh dimaksimalkan #kibulansehat
  • Perawatan kesehatan membuat naturopathi sangat mementingkan apa yang dimakan dan diminum termasuk juga tata caranya #kibulansehat
  • Naturopathi juga memandang penyakit dalam konteks berbeda dengan pola pandang serta pikir dalam kesehatan konvensional #kibulansehat
  • Naturopathi menempatkan kondisi sakit sebagai konsep tubuh bersikap agresif terhadap ‘gangguan’. Untuk itu minimalkan beban #kibulansehat
  • Agar semua fungsi tubuh dapat bekerja dengan sempurna dalam ‘mengusir’ gangguan atau (kadang dianggap) racun yg sebabkan sakit #kibulansehat
  • Itulah sebab pelaku naturopathi umum jaga pola makannya dengan baik. Saat mereka sakit, mereka makin ekstrim lagi menjaganya #kibulansehat
  • Makanan dibuat selaras mungkin dengan kebutuhan tubuh untuk ‘melawan’ kondisi penyebab sakit. Beban dibuat seminim mungkin #kibulansehat
  • Di luar makanan yg bersifat struktur kimiawi tubuh, pengobatan naturopathi cenderung sangat perhatikan sisi mekanis-fisiologis #kibulansehat
  • Struktur tubuh yang salah (akibat penerapan postur harian buruk), cedera saat beraktivitas fisik dan sejenis, ditinjau selalu #kibulansehat
  • Karena berbasis perawatan Naturopathi juga memperhatikan kondisi psikologis seseorang. Faktor ketenangan hidup pegang peranan #kibulansehat
  • Singkat kata, pengobatan Naturopathy identik dengan kata ‘holistik’, perawatan menyeluruh sisi tubuh-pikiran-jiwa #kibulansehat
  • Pelaku naturopathy amat menghindari pemakaian obat-obatan farmasi, karena orientasinya adalah kesehatan jangka panjang #kibulansehat
  • Beban tubuh dikurangi sebisa mungkin, percuma sembuh sakit saat ini, bila yang hilang hanya gejala, lalu tubuh menderita #kibulansehat
  • Anda bisa saja terhindar sesaat dari efek darah tinggi, lalu konsumsi obat-obatan penekan darah tinggi yg mampu menormalkan #kibulansehat
  • Tapi karena orientasi hanya efek samping, pola hidup sama terus berlangsung, walhasil obat yg diminum konstan beri efek buruk #kibulansehat
  • Akhirnya penderita darah tinggi, terima efek samping berupa gagal liver, gagal ginjal, vertigo dan juga lain sebagainya #kibulansehat
  • Obat darah tinggi pun pada akhirnya tidak mampu mengatasi problem darah tinggi dan masalah turunan yang kemudian muncul #kibulansehat
  • Wajar bila penderita darah tinggi pada akhirnya kehilangan segalanya dengan kondisi menderita ragam penyakit komplikasi #kibulansehat
  • Contoh demikian yg dihindari dalam dunia pengobatan naturopathi. Sehingga walau tersimak lambat bereaksi, ia sebenarnya ampuh #kibulansehat
  • Kelemahan yang sering membuat orang enggan melakukan naturopathi adalah pemberdayaan diri, banyak orang malas berusaha ekstra #kibulansehat
  • Umum bila kita lihat pelaku naturopati membatasi konsumsi gula sederhana, garam dan kopi serta teh juga alkohol di keseharian #kibulansehat
  • Membatasi, bukan mengharamkan, bisa jadi berupa porsi atau konsumsi siklus harian, kopi yg diminum seminggu 3-4 kali, semisal #kibulansehat
  • Pelaku naturopati juga umum mengkonsumsi buah segar dan sayuran segar tanpa masak, demi mendapatkan energi hidup yang maksimal #kibulansehat
  • Mereka teliti memperhatikan tata cara makan, padu padan, kunyah dengan baik, kapan waktu minum dan makan buah, sebagai contoh #kibulansehat
  • Konsumsi air putih sesuai kebutuhan, rutin berolahraga dengan porsi tepat, jaga waktu istirahat. Hal krusial dalam naturopati #kibulansehat
  • “Jelas aja sehat, kalau hidupnya seperti itu, jadi guna naturopati apa dong?” Pertanyaan yang acap muncul seputar fenomena ini #kibulansehat
  • Jawabannya sederhana, naturopati memang bukan bentuk pengobatan dalam pengertian konvensional, pasien hanya menjadi objek #kibulansehat
  • Individu harus pegang kendali penting dalam kesehatan! Ahli medis naturopati bertindak saat dibutuhkan (dan mestinya jarang) #kibulansehat
  • Percuma Anda merujuk ke ahli naturopati terkait masalah pernafasan, misalnya, kalau pada keseharian masih rutin minum susu #kibulansehat
  • Pengobatan naturopati adalah bentuk pengobatan -walau kuno (dicetuskan oleh Hippocrates 4.000 SM)- yang sangatlah modern #kibulansehat
  • Dimana ahli pengobatan dan pasien berinteraksi secara serius dan aktif dalam mengatasi sebuah masalah. Repot? Mungkin saja #kibulansehat
  • Tapi kecil sekali kemungkinan Anda dieksploitasi berlebihan oleh oknum medis kesehatan, apalagi jadi korban industri komersil #kibulansehat

Demikian kibulan malam  ini. Semoga manfaat! 😀

#FoodCombining Jus Buah Sarapan

BONSOIR!! Selamat malam 😀

 

Malam ni gue pngen nulis sesuatu yang semoga bisa bermanfaat buat khalayakramai (cieeh bahasa gue formal bener yaa *abaikan*).

Udah pada tau Food Combining lum?? sebenernya gue juga baru tau food combining beberapa bulan belakangan ini. Itu semua berkat Twitter..:)

Anyway..kalo disuruh jelasin pake bahasa ilmiah gue jelas gag bisa, maka dari itu gue bakal jelasin dengan bahasa yang simple dan semoga yang baca pun gag salah tangkep. Dalam bahasa sederhana FC (re: food combining) merupakan pola makan sehat alami yang mendukung seluruh organ tubuh kita dapat bekerja dengan baik, sehingga kesehatan kita terjaga. ibarat pake baju di mix n match gitu laah. Setelah follow akun twitter salah seorang penggiat FC yang tentunya bisa dipercaya, gue jadi pingin lebih dalam tau tentang FC. Dan ke siapa lagi gue bertanya selain mengunjungi mbah gugel. Gue searching info sebanyak2nya, mencoba memilah ini itu dan akhirnya gue sampai pada satu kesimpulan. Sekalipun ada beberapa pihak yang kontra dengan metode mengatur pola makan ini, namun tetap tak ada salahnya untuk mencoba metode yang satu ini. Jika toh masih ragu, kita tak perlu mempraktekkannya 100%. Ambil sisi positifnya aja lah!. Dan ini adalah salah satu FC yang menurut gue masih dalam batas aman buat siapa aja, kecuali bagi yang malnutrisi lhooo 🙂

Mari kita bahas tentang pentingnya konsumsi buah di pagi hari dan cara sederhana utk memudahkan konsumsinya, jus #foodcombining

Buah adlh substansi makanan yg paling cocok dengan kemampuan sistem cerna manusia di pagi hari, fase antara pk. 04.00-11.00 #foodcombining

Selain tinggi kadar nutrisi vitamin, mineral, serat. Buah segar jg tinggi dgn enzyme yg berguna bagi kelangsungan kerja tubuh #foodcombining

Mungkin makanan lain ada yg bisa beri sebagian manfaat sama (utama yg dibuat artifisial) tapi hanya buah, sempurna pagi hari #foodcombining

Krn di pagi hari, fase tubuh adlh utk ‘pembuangan’ sisa revitalisasi malam hari yg dilakukan tubuh. Diperlukan energi besar #foodcombining

Makanan yg mensuplai unsur penting umumnya bersifat lbh berat utk dicerna (artifisial terutama) yg bisa ganggu alokasi energi #foodcombining

Hanya buah yg cocok dan sempurna utk pencernaan pagi hari krn kelengkapan kandungannya serta sifatnya yg ringan mudah cerna #foodcombining

Buah bisa memberi semua kebutuhan tanpa membuat alokasi energi tubuh pagi hari terganggu saat laksanakan ‘tugas’ di fasenya #foodcombining

Menjus buah adalah salah satu teknik yg mudahkan kita mengkonsumsi di pagi hari. Praktis dan secara tehnis tetap berkualitas #foodcombining

Selama semua itu dilakukan dengan benar dan tepat. Buahnya dipilih yg manis krn masak di pohon, berserat dan berair, pertama #foodcombining

Kedua, cuci bersih! Bisa dgn air mengalir kencang selama 1-2 menit atau rendam dlm air diberi cuka apel atau sabun buah #foodcombining

Ketiga, pilihlah alat pembuat juice yg baik. Juicer atau blender, bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Kenali karakternya #foodcombining

Juicer praktis dan beri suplai konsentrat buah dgn cepat, namun lbh banyak volume yg terbuang, lebih sulit mengenyangkan #foodcombining

Blender sedikit kurang praktis, krn secara tehnis membutuhkan bantuan sedikit air atau es utk mudahkan penghancuran buah #foodcombining

Kadang hasil blender juga terlalu padat dan sulit minum tanpa disaring. Tapi tidak banyak yg ‘terbuang’ dr hasil buah blender #foodcombining

Perhatikan kecepatan blender saat membuat buah. Makin tinggi putaran menghasilkan panas yang bisa membunuh enzyme pada buah #foodcombining

Juga mempercepat efek oksidasi merusak kualitas jus buah yg dihasilkan. Makin lambat putaran blender, minimalkan itu semua #foodcombining

Tapi apapun cara yang dipilih, ingat utk segera mengkonsumsi jus buah saat telah dibuat! Untuk minimalkan perusakan oksigen #foodcombining

Juga jangan tambahkan subtansi tambahan bersifat merusak seperti gula dalam jus buah. Cukup fructose alami buah sbg pemanis #foodcombining

Alternatif pemanis, bisa 1-2 sendok teh madu alami. Bisa jg campuran segenggam manisan kurma atau kismis yg diblender halus #foodcombining

Tambahkan pada jus buah, minum segera. Perlahan agar tidak melonjakkan level gula darah, yang bisa beri efek sedikit pusing #foodcombining

Jus beri efek mengenyangkan. Namun sesuai karakter buah yg ringan dan mudah terurai, rasa lapar itu akan segera kembali #foodcombining

Saat lapar buatlah jus dan minum kembali. Lakukan demikian hingga tiba jam makan siang. Ragamkan jenis buah untuk dijus #foodcombining

Ekslusifkan buah utk masa sarapan. Sebaiknya tidak mengkonsumsi apapun disaat fase pembuangan itu (04.00-11.00) #foodcombining

Demikian kibulan sehat malam ini. semoga bermanfaat 😀