Selamat 2 Tahun, Chiara.

Tepat hari ini, 22 Maret 2021, 2 tahun usiamu Chiara (Ternyata bersamaan dengan ultah blog ini yang udah 9 tahun juga rupanya!). Ibu bahagia kamu tumbuh sehat dan bahagia. Alhamdulillah…masa menyusui 2 tahun tercapai juga, dan sebentar lagi saatnya menyapih yang sesungguhnya baru akan dimulai. Tentunya saat kamu dan ibu juga sudah siap.

Sebelumnya tak pernah menyangka akan ada di titik ini. Dulu ibu gag yakin ibu mampu untuk menyusui, bahkan saat lahiran pun belum beli pompa asi karena saking gag percaya dirinya bisa menyusui apa gag. Tapi rupanya ibu salah besar. Ketidaktahuan adalah musuh besar seorang ibu. Rupanya ibu kurang ilmu soal menyusui. Berkat pencarian info sana sini, tanya ke rekan-rekan yang lebih berpengalaman, serta dukungan dan doa dari orang-orang terdekat akhirnya ibu mampu menjalankan amanat ini. Dari menyusui langsung sampai asi perah. Dari setetes asi jadi berliter-liter asi. Dari yang hanya membasahi pantat botol, hingga berhasil nyetok sefreezer.

Tak akan ibu lupa masa-masa mompa asi 8 kali setiap hari, tiap 3 jam sekali agar kamu punya stok cukup saat ibu tinggal kerja. Rasanya saat itu ibu seperti zombie yang kurang tidur. Dan kini, saat tiba masanya untuk menyapih, rupanya ibu yang belum siap mental dek.

Di sisi lain ibu senang, anak ibu sudah semakin besar dan mandiri. Di sisi lain ibu akan merindukan saat romantis kita saling bertatapan mesra kala menyusuimu. Jika ulang tahunmu sebelumnya ibu merasa lebih bahagia, entah kenapa kali ini ibu bawaannya mellow. Baperkah? Terlalu sensitifkah ibu? Ada kesenangan dan kesedihan di saat bersamaan.

Taukah kamu dek kalo salah satu tidur yang paling nikmat adalah ketiduran saat menyusuimu?

“RrraaaWwwrrww….ibuuuk pulaaang! Mimiiiiiikk!” Gayamu berteriak seperti dinosaurus tiap kali menyambut ibu pulang kerja dan minta nenen. Kelak pasti akan ibu rindukan masa-masa itu.

Akankah kamu akan tetap antusias menyambut ibu pulang kerja saat ibu gag ngasih nenen lagi dek? Hanya memikirkan itu saja bisa membuat ibu menangis. Ternyata ibu sebaper itu dek.

Semoga kamu merasakan cinta, kasih, dan perjuangan dari setiap tetes asi yang ibu beri untukmu. Ada doa dalam setiap tetesnya untukmu dari kami orang tuamu. Semoga bonding yang kita bangun selama menyusui akan memberi kehangatan sampai dewasa kelak.

Bismillahirrahmanirrahim…semoga Allah memudahkan perjalanan menyapih kita ya.

Once again, happy birthday Chiara. I really get amazed at how you grew up from a teensy weensy soul lying helplessly to the one who never rests. It’s just two years with you but from day one you made me realize the love, care, bond, sacrifice, responsibility a mother does all her life and made me much much more closer to my mother.

I wish you be strong enough to conquer this world as this world is a dark place and full of mirage. Just play and sail through with compassion in your heart and achieve what’s best for you in this world and hereafter. ❤️

NB: Salah satu koleksi coretan bersama yang kami scan. Foto hanya pemanis berhubung belum sempat melakukan perayaan. Haha dilema ultah di Hari Senin, emak bapak riweuh kerja. Next time ya dek! ❤️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s