Ekstrak Kulit Manggis, Pilih Mastin atau Garcia?

Bermula dari kegalauan karena kulit akhir-akhir ini terasa kering, saya berniat membeli vitamin E seperti Natur E atau Ever E. Selain itu, aktifitas saya yang padat banget akhir-akhir ini seringkali membuat saya merasa kecapekan banget. Walaupun sudah istirahat tapi capeknya kayak gag ilang-ilang gitu. Nah, setelah saya melakukan riset kecil-kecilan eh saya malah tergoda untuk mencoba ekstrak kulit manggis yang sekarang lagi ngetrend banget.

Awalnya saya bingung untuk membeli Mastin atau Garcia. Kalau si Mastin tampaknya lebih terkenal karena lagunya yang fenomenal itu diputar tiap hari di televisi, sementara Garcia saya jarang lihat iklannya. Tak puas dengan hanya alasan sederhana itu, saya pun berusaha mencari beberapa referensi untuk memantapkan pilihan saya.

Sampai akhirnya pilihan saya jatuh pada Garcia. Kenapa?

DSC00005

 

Karena dosisnya lebih kecil dari Mastin. Ya niatnya syh biar penyesuaian dulu badannya kan ini my very first experience. Hehe … Waktu itu saya beli dengan harga Rp. 60.000, 00 di apotek. Selain itu, kalau Mastin itu obat herbal terstandar, sementara Garcia itu kategori jamu.

Ternyata, kulit buah manggis kaya dengan zat ajaib yang disebut ekstrak kulit manggis yang dapat mencegah berbagai penyakit, dan zat ini tak ditemukan pada buah-buahan lain. Oleh karena itu, manggis dijuluki queen of fruits alias ratu segala buah. Kandungan utama kulit buah manggis adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin C. Namun ia juga mengandung unsur-unsur lain seperti katekin, potasium, kalsium, fosfor, dan besi.

Lalu apa khasiat ekstrak kulit manggis?

Menurut penjelasan yang terlampir dalam kardus kemasan Garcia, ekstrak kulit manggis ini awalnya ditemukan oleh ilmuwan Jerman pada 1985. Kulit manggis mengandung antioksidan 17.000-20.000 orac per 100 ounce. Padahal, bahan lain berkadar antioksidan tinggi seperti wortel dan jeruk hanya 300 dan 2.400 orac. Orac adalah singkatan dari oxygen radical absorbance capasity, kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit.

Ekstrak kulit manggis mampu menjadi pelindung sel pada proses oksidasi, penuaan, atau perusakan oleh radikal bebas. Sifat antioksidannya melebihi vitamin E dan vitamin C. Ekstrak kulit manggis dapat berperan sebagai anti lelah, anti aging, anti alergi, anti inflamasi, anti parkinson, anti alzheimer, dan anti jerawat.

Selain itu, ekstrak kulit manggis dapat membantu tubuh untuk:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh (stamina)
2. Mencegah dan mengatasi penyakit jantung
3. Mencegah dan mengatasi stroke
4. Mencegah stres
5. Mencegah dan mengatasi diabetes melitus, kolesterol, kanker payudara, kanker usus besar, TBC, penyakit asam lambung, infeksi saluran kemih, nyeri sendi, dan bisa berfungsi sebagi pelangsing.

Pada tahun 2002 ditemukan bahwa ekstrak kulit manggis efektif menghambat kanker hati, kanker lambung, dan kanker paru-paru. Seorang peneliti Thailand pada tahun 2004 menemukan bahwa pericarp kulit buah manggis efektif melawan kanker payudara dengan khasiat yang jauh lebih efektif daripada obat.

Untuk aturan konsumsi ekstrak kulit manggis Garcia ada 2 alternatif. Untuk pemeliharaan kesehatan cukup 3 kali 1 kapsul per hari. Sementara untuk terapi penunjang yaitu 3 kali 2 kapsul per hari. Karena kapsul ini murni berisi bahan baku nabati alami, tidak mengandung bahan kimia buatan, pemakaian yang melebihi dosis tidak membahayakan kesehatan.

Saya sebenarnya tidak suka minum suplemen aneh-aneh. Namun karena ini termasuk jamu, berbahan alami dan memiliki khasiat yang luar biasa akhirnya saya tergoda juga untuk mencobanya.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Ayo bagi pengalamanmu juga!

113 Comments

  1. edi says:

    Saya nggak percaya semuanya, lah gambar iklannya aja salah/bohong, mana ada pohon manggis seperti di iklan, pohon manggis kayak pohon beringin

  2. L. Tantra Putra S. says:

    Saya baru saja mencoba mengkonsumsi Ekstrak Kulit Manggis karena adanya keluhan Alergi pada kulit, dan saat ini menggunakan Garcia, tapi setelah Googling mengenai perbedaan Garcia dan Masti, kelihatan pilihan saya keliru karena secara standar kualitas dan keamanan Mastin masih lebih tinggi karena sudah mengantongi predikat Herbal Terstandar. Untuk penjelasan bedanya Jamu, Herbal Terstandar dan Fitofarmaka bisa dilihat pada Link ini : http://lansida.blogspot.com/2011/04/bedanya-jamu-herbal-terstandar-dan.html

    1. Ncis says:

      Terima kasih infonya….terima kasih sudah berbagi pengalaman

      1. joe febrian says:

        Saya sangat setuju sekali lebih memilih garcia di bandingkan mastin

      2. diekha says:

        mastinn jo yg lbihh good

      3. agus p says:

        Menyebabkan efek smping atau kecanduan gtu..???

      4. Evelyn says:

        Aduh udah skak tuhh, udah jelas keliatan bgt pdahal bedanya mastin ama garcia, jamu sama herbal terstandar beda broo beda..

      5. tara says:

        Saya sudah coba garcia, dan alhamdulillah tak ada efek samping, tubuh lebih berstamina, jerawat berkurang..

  3. Scor Wang says:

    Ternyata Garcia ya?.

    1. Ncis says:

      Hasil dan kebutuhan mungkin berbeda-beda tiap orang mas.

  4. ruri says:

    mastin iklannya doang oke…tapi kualitas lebih oke garcia.

  5. agung wijaya says:

    semua baik untk tubuh..

    1. Ncis says:

      Agung: iyaaaaa 🙂

  6. Udin nuramaludin says:

    Saya belum coba garcia tuh, mastin pun baru nyoba dulu kerena harganya terjangkau

  7. nila says:

    Saya juga mengkonsumsi extra kulit manggis sudah skitar 2bulan lebih. Saya pilih mastin karena pertama kali langsung tertarik dengan mastin krn iklannya di tv. Seminggu sampai dua minggu pertama mengkonsumsi mastin. Punggung saya dan kaki saya gatal gatal semuanya. Seperti alerg. Dan itu benar benar gatal.saya brfikir utk berhenti minum mastin. Namun saya brfikir ini mungkin efek detok mgeluarkan racun didalam tubuh saya. Dan benar saja. berangsur gatal itu hilang. Dan saya merasakan kulit saya normal kembali. Dan tdk gatal lagii. Sampaii skrg sy setia minum mastin. Yg saya rasakan stamina tubuh saya meningkat. Tdk mudah sakit. Utk efek dikulit saya. Sy kurang belum merasakannya.mungkin terlihat lebih segar. Karena mengingat mastin berbahan alami,jdi mungkin efeknya bertahap tdk instan

    1. Ncis says:

      Terima kasih sudah sharing pengalamannya Nila 🙂

    2. dwi says:

      sama saya jg mengalami gatal2. kenapa ya ? apa efek detok.

      1. tiara says:

        samaaa.. tangan sama muka.. gatel-gatel.. muncul bintik2 gitu.. bingung jadinya mo diterusin atau nggak.. sbabnya gk ada riwayat alergi jg sblmnya.. bingung juga awalnya.. kok bisa gatel2 y.. setelah repurchased kedua kalinya nih.. jadinya gini.. what should i do?

  8. hikmah says:

    Bingung nie mau bilih garcia atau mastin..??

    1. Ncis says:

      Hehe…mungkin bisa dicoba dulu dua-duanya

      1. evy says:

        Garcia lebih tinggi manfaatnya, mastin pun bermanfaat. dua2nya tidak merugikan dam tidak membahayakan. saya pilih minum Garcia..karena cocok ditubuh saya.

  9. indah says:

    bgmna klu aturan minum untuk kulit. bersisik..krna saya sdh baca manfaat garcia yg slalu satu.y menghilangkn nkulit bersisik…

  10. angel says:

    like garcia mantap

  11. KABAR GEMBIRA UNTUK KITA SEMUA
    kulit manggis kini ada ekstraknya
    mastin hadir tuk merawat tubuh kita
    jadikan hari ini hari mastin

    tampil bersinar membuatku bahagia
    tubuh sehat rahasia mastin hebat
    rahasia alam dari indonesia
    penuh pesona pesona mastin

    MASTIN GOOOD!!!

    Harga botol
    30 kaps. 35rb
    60 kaps. 55rb
    100 kaps. 75rb

    Pemesanan Hubungi:
    0856-9358-5509 / 51A57AB7

  12. yeyen says:

    Gmna dg tumor hati bisa g sembuh dg itu?

    1. Ncis says:

      Wah maaf kalo itu saya kurang tahu. Saya dan keluarga saya (terutama ayah yg memiliki riwayat jantung) mengkonsumsinya dng tujuan menjaga stamina.

      1. arya says:

        yeyen: mengobati bisa pakai yang mana aja.. namun untuk penyembuhan dikembalikan kpd yang maha kuasa menyembuhkan.. wassalam 🙂

  13. sapi says:

    Kalo untuk jenis kulit berjerawat bisa ga sih minum mastin/garcia??

    1. Ncis says:

      Setahu saya justru malah bagus efeknya.

      1. Shabil says:

        Bagusan mana garcia atw mastin.
        Soalnya saya bru prtama kli nyoba.

  14. braseel says:

    Sebentar lagi akan ada produk serupa: ekstrak manggis plus msm….dijamin lebih bagus krn msm melengkapi/menyempurnakan kegunaan ekstrk manggis yg banyak itu

  15. Ainul alam says:

    Kalau saya sehat-sehat aja,,
    tapi,pingin mengkonsumsi garcia boleh nggak??

  16. ALenk says:

    Baru nyoba nih Garcianya buat ngilangin Diabet, hehehe

    1. wiku says:

      bagaimana hasilnya? diabet nya teratasi/membaik? masih minum obat kimia?

  17. saemsuel bahri says:

    Garcia nya bleh untuk bumil nggak?

  18. Pang5 says:

    apapun mereknya, kalau extra kulit manggis pasti bagus… sudah terbukti terutama terhadap kadar gula dalam darah akan menurun. Bagi yang diabetes bisa di test langsung setelah mengkonsumsi hanya 1 hari.
    Awalnya saya diberikan Xanthom oleh teman, itu yang membuktikan, ajaib.. tapi harganya mahal karena disalurkan melalui MLM, begitu ada Mastin saya beralih.. selain gampang dibawa bepergian dan harganya jauh berbeda.

  19. ita says:

    Jadi bingung akuu
    garcia apa mastin sihh :(www.cara-kesehatan.com/2014/07/manfaat-daun-sirsak-untuk-kesehatan.html?m=1

  20. ndot says:

    Sy tiap minum mastin kok anyang2en ya…itu jg trjadi pd ibu saya..apa tidak cocok atau gmn ya

  21. sandra says:

    Saya sedang terkena alergi kulit sering gatal2 bagusan garcia apa mastin ya

  22. yani says:

    kalau utk kanker bagusan yang mastin atw garcia?? harga per botol brp ya??

    1. Ncis says:

      Waduh kalo untuk pengobatan berat saya tidak berani menjawab, mungkin bisa dikonsultasikan ke yang lebih expert. 🙂

  23. oges says:

    – Gracia : masih golongan jamu
    – Mastin : OHT (Obat Herbal Terstandart)
    Kalau ditanya yang mana bagus, keduanya bagus karena bahan baku/bahan dasarnya sama, sama2 kulit manggis,
    Masalah ada efek alergi yang muncul bisa karena takaran saji yang berlebihan, mastin 2 kapsul perhari, tapi saya minum 5 kapsul tiap hari so far so good, jadi prediksi saya mungkin ada pada cangkang kapsulnya, yang alergi cb minum tanpa cangkang kapsul, toling di share hasilnya

    1. Ncis says:

      Wow! mkasih banyak sudah berbagi informasi. semoga bisa bermanfaat untuk yang lain ya. 😀

      1. sigit says:

        Harga mastin atw garcia brp ?

    2. juan says:

      Emg standarnya untk garcia bisa ko smpai 6 kapsul sehari

  24. Herry says:

    Kalau untuk asam lambung yang berlebihan bagus ga ya ?

    1. Ncis says:

      Menurut saya syh masih aman, tapi coba tanya saja ke dokter untuk hasil yang lebih aman. 🙂

  25. nugik says:

    Kalo aku sihh barusan seminggu make mastin, konsumsi 2 kapsul sehari, emng 5 kapsul gg berlebihan dosisnya?

  26. hari says:

    klo saya milihnya garcia,
    semakin mahal harganya semakin bagus juga khasiatnya

    1. DFC says:

      belum tentu juga harga mahal berpengaruh di khasiat, kemungkinan harga mahal karena menutupi ongkos produksi dan iklan yg masif di media..cmiiw

      1. Aris says:

        Iyaa emg hrg mhl ga jamin… mastin emg ada iklan… tp jrang jd sponson u suatU acara… tp gracia byk sekali jd sponsor tunggal acara di tv2… itu budgetnya besar dan masuk ke harga jual pastinya…

    2. Mahdy says:

      Awalnya saya minum garcia, karena saya fikir lebih mahal lebih bagus , ternyata sama aja, garcia mahal karena ongkos produksinya yg banyak ngeluarin budget , sponsor sana sini, sayang duitnya harganya 2x lipat lebih.mending mastin

  27. junie says:

    Kalo untuk mengobati kedua telapak tangan yang sering kesemutan kira2 bisa gk ya kak?

    1. Ncis says:

      Wah kalo itu kok saya kurang paham ya. hehe..maaf

  28. fanelly says:

    aq kmrn pke garcia…bagus jg. tp skrg nyoba pke mastin

    1. Ncis says:

      Kadang emang kudu dicoba satu per satu dulu kali ya biar tahu mana yang cocok untuk tubuh kita

      1. zakky says:

        Sist kali untuk penyembuhan jerawat batu yg memerah dan parah bagus mana garcia apa mastin…please pencerahnya

  29. Ipunk P says:

    Saya merasa sakit di area perut seperti ada tonjolan di bawah tulang rusuk sebelah kiri(seperti gjala trun brok) kira kira bisa gk yah disembuhin pake mastin/garcia??

  30. juli says:

    Kok d atas harga garcia cm 60000, y mw donk, td brsn dr apotik kok 90 rb lbh,, akhrnya milih mastin dl lah.. smbil nunggu harga garcia turun, hehehe…

  31. dahlia says:

    coba juga donk xantonin, kalau dari hasil percobaan dengan membuka kapsulnya, dari warna dan bau nya xantonin lebih oke.
    Tapi aku sendiri belum nyobain, hanya lihat keruh dan baunya saja, xantonin bau nya lebih segerr

    1. tolong di share dunk mengenai xantonin, trus harga dan dimana belinya dimana? terima kasih

  32. puspitarini says:

    Gracia keluar duluan ya…..sy jg blm mencb tp pingin mencb

  33. oddy says:

    penjelasan mastin dan garcia bray ..

  34. Nani says:

    Sy uda coba ke dua produk trsbut.krn sy sring alergi dgn ikan mknya sy ingin mncoba produk tsb.ptma sy mnum mastin trnyata bnar alergi sy bkurang.stlah abis mstin sy coba garsia pnsaran nn yg lbih ampuh mnghilangkn alergi.trnyata alrgi sy ga brkurang.mgkin sy gak cocok dgn garsia.jd skrg sy kmbali mengkonsumsi mastin.mdah2an alergi sy bnr2 smbuh dgn izin allah melalui mastin.amin…

  35. Yulia says:

    Untuk lebih mengenal perbedaan mastin dan garsia, bisa dibaca disini :
    http://www.tokohaba.com/content/42-perbedaan-mastin-dan-garcia

  36. mesdi says:

    Awalnya sy konsumsi garcia tapi mastin harganya lebih murah,saya coba mastin. Tapi sekarang saya kembali mengkonsumsi garcia. Garcia lebih bagus khasiatnya bagi saya untuk menghilangkan nyeri sendi, daripada mastin. Bagi penderita nyeri sendi, garcia lebih bagus daripada mastin

  37. Aris Budiman says:

    Mohon sharingnya dong 🙂

    Ibu saya menderita penyakit penyumbatan pembuluh darah di jantung, untuk menjaga staminanya apakah ekstrak kulit manggis ini cocok untuk dikonsumsi? Selain itu apakah aman obat herbal dan obat kimia yang biasa diberi oleh dokter dikonsumsi bersamaan?

    Terima kasih sebelumnya. 🙂

  38. Intan says:

    Aku punya maag akut. Bisa gak pake itu? Sebelumnya makasih infonya

  39. dwi says:

    Dosis penggunaan mastin itu sehari 2 kapsul apa sehari 2 x 2kapsul?

  40. anggi says:

    Saya baru 2hari yg lalu di vonis dokter tbc.. Kira2 mastin apa garcia yah yg cocok. Infonya dong

  41. Vika says:

    Kaki aku tiap bangun pagi sakit bgt .pas periksa ternyata kadar asam urat ku 6,7 mulailah aku caru obat buat nurunin kadar asamuratku. Pas d apotik d tawarilah kulit manggis ekstrak.pilihan ku jatuh pada mastin isi 100 cuma 66rb.setelah 3 bln konsumsu asam urat ju jd 3,3 trus bb nya turun 3 kg… ini bukan promosi lo.😁 tergantung anda2 yang memilih mana yang lebih cocok buat tubuh

  42. rahma says:

    Untuk tbc dan wasir aturan minum y brapa kali

  43. qadafi says:

    klo infeksi saluran kemih buat wanita, bisa juga?

  44. muhta lufi says:

    Untuk stroke yg bagus apa ya, mastin apa garcia? Terima kasih

  45. dina says:

    Saya punya keluhan kulit sensitif.harus pake produk dr.kulit.sdh sy stop karena hamil.saat ini saya msh menyusui.bs ga kl sy konsumsi extra manggis?

  46. badrus says:

    kalo jerawat bisa sembuh kagak??? tapi lebih enak pake yang mana ya???
    mohon petunjuknya

    1. Fera says:

      Klo jerawat pake Frutablend ekstrak dr 22 macam buah dan sayur

  47. Wika says:

    Aqu punya keluhan jerawat sama berat badan… yang lebih efektif minum grasia apa mastin??? Mohon bantuannya.. Trimakasih

  48. helmi says:

    Penulisnya payah…dia tidak mengerti dan memahami apa yg di tulis…
    Tiap ada pertanyaan sering dijawab”maaf saya tidak tahu”
    Payah…palajari dulu apa yg akan anda tulis.

    1. Ncis says:

      Terima kasih sarannya. Saya hanya ingin berbagi tulisan berdasarkan pengalaman pribadi saja. Saya memang bukan dokter ataupun ahli kesehatan sehingga secara ilmiah saya memang kurang paham. .

      1. Dimas Lucky says:

        Numpang tanya.. Kalau untuk menyembuhkan gatal2 dan bentol2 merah akibat terkena ulat bulu bisa ga ? Yg lbh bagus mastin atau Garcia ?

    2. shandy says:

      tuh dijawab sama yg bkin.. disini cuma sharing pengalaman doang, untuk pandangan masyarakat aja yg belum tau/pengen tau ttg garcia sm mastin. mau tau lengkapnya bisa utk apa aja dan bla bla bla ya tanya ke dokter. beres kan. LOL

  49. Triyas says:

    Saya punya alergi pada kulit.. dan saya mai tanya sari sekian banyak pengguna..
    Mastin atau Garcia

  50. adiwibowo says:

    Menurut saya apapun produk yg kita minum, kita harus mempunyai keyakinan yg kuat bahwa kita pasti sembuh dgn produk pilihan kita, dan jaga keyakinan itu setiap hari, jgn lupa banyak bersyukur atas proses kesembuhan yg sedang kita alami. Semoga cepat sembuh bagi yg sakit! Amieeen!

  51. fadel says:

    Semua merk ekstrak kulit manggis punya sisi negatif dan positif, tp yang pasti lebih banyak sisi positifnya krna menurut penelitian kulit manggis punya lebih dr 200 manfaat utk kesehatan dalam dan luar tubuh 🙂

    Untuk yg masih bingung pilih mastin atau garcia sy rekomendasi pilih ekstrak kulit manggis SIDOMUNCUL, yg sudah pasti aman dengan kualitas GMP (Good Manufacturing Praktis), GMP badan internasional klo BPOM badan nasional, so pilih yg terbukti di kelas dunia atau hanya di kelas dalam negri 🙂

    #ini hanya referensi, TIDAK BERMAKSUD UNTUK MENGUCILKAN SUATU OKNUM , thanks for attention 😉

    1. ersen says:

      Yang dari sidomuncul merknya apa ya..btw ‘thanx

  52. maurito says:

    Saya baru saja mengkonsumsi mastin dalam beberapa hari. Tapi kok semenjak itu saya sering cegukan. Tolong pencerahanya apa ada efek sampingnya mengkomsumsi obat tersebut

  53. Nuzul Qur'aini says:

    Artinya.. Sbg kesimpulan, Minum mastin/ garcia sama” ada reaksiny y? Bagian tubuh yg sdg skit, jka mngkonsumsi ke2ny, akn breaksi n tmh sakt.Tol pnjelasanny..

  54. debby says:

    Hati hati, kalau minum obat herbal harus di imbangi dgn minum air putih banyak, karena kandungan herbal tsb bisa menumpuk di ginjal.Jangan sampai Sembuh dr penyakit yg satu malah kena penyakit ginjal… Hehehe

    1. rama says:

      Sbnrnya justru obat kimia yg hrs bnyk diimbangi minum air putih yg cukup. Tp obat herbal + air putih cukup jg lbh bgs. Intinya, mau herbal atau kimia ttp hrs ada konsumsi air putih yg cukup. Jgn cuma 2 liter/ hari kl bisa lebih.

  55. Nessy says:

    Sekedar sharing…..semoga bermanfaat yaaa….
    http://disehat.com/efek-samping-kulit-manggis-bagi-kesehatan/

    1. syully says:

      Akhir 2015, aku pernah suntik vit c yg mengandung b komplex untuk kebugaran…tapi malah penebalan dinding rahim alias mens terus sampai 2 minggu sehingga lemas, anemia & kurang imunitas…aku coba mastin (alasannta dibeli jarena lebih murah) 4 kapsul sehari (sesuai anjuran) selama seminggu dan…..syukur pada Tuhan, mens stop, badan bugar bertenaga.

  56. syully says:

    Akhir 2015, aku pernah suntik vit c yg mengandung b komplex untuk kebugaran…tapi malah penebalan dinding rahim alias mens terus sampai 2 minggu sehingga lemas, anemia & kurang imunitas…aku coba mastin (alasannta dibeli jarena lebih murah) 4 kapsul sehari (sesuai anjuran) selama seminggu dan…..syukur pada Tuhan, mens stop, badan bugar bertenaga.

  57. Wahyu says:

    Mau order tpi stay di hongkong… Bisa kirim gk y…. Mohon infox

    1. Hendro says:

      Yg mau order Garcia bisa japri saya di WA 085731000910. Harga Rp. 96.000,-/botol isi 60 butir

  58. yani says:

    Kalo ada nyeri di payudara, bisa tidak menghilangkan dengan menggunakan garcida?

  59. Hendro says:

    Yg mau order Garcia, bisa japri saya di WA 085731000910. Harga Rp.96.000/botol isi 60 butir

  60. Fifi says:

    Kalau untuk menghilangkan jerawat pakek mastin apa garcia ya.. Mohon infonya d tunggu

  61. Aalvin says:

    Saya terkena gatal gatal di kulitt,sampai sekarang terasa perih,bisa pake kulit manggis gak? Mastin atau garcia?

  62. yuni says:

    Tmn saya mnum garcia alhamdullilah bnjolan d payudara nya kmpes mkin ilang pkoknya saya jdi trtarik buat pncegahan saja

  63. Latief Art21 says:

    mastin lebih murah dari garcia kok, harga garcia 30 kps masih lebih mahal ketimbang mastin 60 kps. padahal kandungan ekstrak manggisnya lebih banyak mastin. buka aja kapsulnya…. garcia lebih banyak bahan pengisinya timbang ekstraknya.

    diminum efeknya juga kerasa beda ditubuh. Coba deh yang udah pernah minum keduanya.. bisa sharing disini….

  64. Info baru nih, sekarang ada M*stin dengan kombinasi daun sirsak, klaim nya adalah untuk membantu terapi tumor dan kanker, walau sebenarnya mungkin lebih ampuh untuk pencegahan sih, hehe, untuk yang mode nya masih tumor dan metastasis nya belum sampe stadium gimana-gimana banget. Tapi pernah juga kok di uji coba di beberapa penelitian kelas dunia, ini salah satu contoh jurnal ilmiah dimana ekstrak pericarp buah manggis diujicoba terhadap sel kanker payudara dan kanker prostat, dan hasilnya lumayan signifikan.

    Click to access effects-of-mangosteen-pericarp-extracts-against-mammary-cancer-2327-5162.1000139.pdf

    Click to access fphar-04-00080.pdf

    Click to access nihms330582.pdf

    Budayakan membaca ya guys, jadilah warga negara Indonesia yang cerdas dan berwawasan luas ^^

    Saya personally juga minum M*stin sih, awalnya coba-coba tapi lama-lama ketagihan, hahahaha! Mulai minum juga muncul reaksi gatal-gatal random gitu, sporadik di sekujur tubuh, tapi berangsur hilang. Manfaat yang paling berasa sih, jadi lebih segar dan berenergi. Mungkin mangosteen pericarp extract ini bener-bener bisa boost our metabolism ya, jadi lebih berenergi gimana gitu 😀 Dan yang paling ampuh adalah, mastin ini saya jadiin masker wajah dan kulit juga. Hasilnya? Kulit jadi lebih mulus dan segar 😀 Saya combine dengan minum green tea dua kali sehari, dan minum air putih 2L sehari. Hehe. I hope you guys will find this review helpful.

    1. Ncis says:

      Info yang bermanfaat sekali, makasih ya udah berbagi. 😀

  65. Mikail says:

    udah nyoba extract kulit manggis merek mastin,enakan sih,aku mengidap maag dan jantung lemah sejak tahun 1991,dan kini rasanya perut udah enakan setelah minum 60 kapsul dg dosis 2*2 sehari.Dan jantung rasanya enakan juga.tadinya sih mudah lelah dan sempat pingsan2 juga kalau kecapekan.kini nggak lagi.suer deh..enakan..

  66. caca says:

    Udah hmpr 4 bln konsumsi garcia cuma 2 kapsul sehari c. Efeknya:
    – dulu siang suka migrain skrng udah gak
    – jerawat berkurang lumayan drastis, lg dapet jg ga ada
    – sy ada benjolan (maaf) di kelamin tp udah kempes

    Bukan promosi, cm sharing pengalaman aja. Tp mungkin mo coba mastin klo emang bagus

  67. cindy says:

    mastin ama garcia kebih bagus garcia,karena aku bisa membuat kapsulnya dengan menjemur kulitnya berapa hari lalu ditumbuk sampe hancur menjadi serbuk,hasilnya sama dengan serbuk yang didalam kapsul garcia,kalau mastin berbeda isi serbuknya,buat tbc,penyakit paru-paru sejenisnya,kanker payu dara,asam urat dll semuanya bagus,lebih berkhasiat dari obat dokter,ini pengalamanku dan pengalaman orang yang uda aku rawat dengan kulit manggis,kalau ingin lebih jelasnya lihat digoogle 75 khasiat kulit manggis,ini baru yang diketahui khasiatnya yang berjumblah 75 khasiat

  68. cindy says:

    garcia buat pengobatan 2 kapsul 3 x sehari,bila dibarengin ama obat dokter beri jarak 1 jam dulu,contoh setelah 1 jam minum obat dokter lalu minum kapsul garcianya,buat obat hiv aids juga bagus uda terbukti penyembuhannya,setiap minum kapsul kulit manggis disarankan harus minum 1 1/2 – 2 gelas air putih agar lebih mantap pengobatannya

  69. ya udah pagi garcia,, malem mastin..

    1. Nanik says:

      Hehee gt juga bagus

  70. Terima Kasih Info yang sangat membantu sekali

  71. Sanjayanto Nugroho says:

    Lho gimana sih. Obat herbal berstandar itu kelasnya lebih tinggi dari pada jamu dari soal keamanan dan khasiat. Kok bisa2nya artikel ini lebih milih Garcia yang dapat kelas jamu. Pelajari lagi pengkategorian obat herbal ya mbak yg bikin artikel ini. Good job.

    1. Heni says:

      Terima kasih masukannya. Perlu saya luruskan di sini bahwa di artikel sudah saya jelaskan bahwa alasan saya memilih karena dosisnya yg lebih kecil untuk penyesuaian. Tulisan ini murni review pribadi, bukan berarti yang paking benar. Dalam artikel saya singgung sedikit tentang obat herbal terstandar dan jamu, tapi memang tidak saya jelaskan panjang lebar dan saya pun tidak menjelaskan dari kategori itu bagus yg mana (mungkin itu yang jadi rancu juga untuk pembaca ya), harapannya sebenarnya dari situ pembaca juga aktif mencari tau agar tulisan saya tidak ditelan mentah2 karena yang saya tulis murni pengalaman sendiri untuk bahan perbandingan saja.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s